UN ... aW..aw..aw... UN !!??

Tadi malem keponakkan gw sms , isinya :
"Doain Agit yaa mulai besok sampe 5 hari
kedepan Agit mau UJIAN. biar semuanya diperlancar dan dipermudah yaa. dan Agit bisa LULUS UN.amiiiin.Makasii yaa!"
.

Wedew... hari ini ternyata anak kelas 3 SMU atau kelas xii lagi pada Ujian Negara. Jadi inget 5 tahun yang lalu saat gw mau Ujian Nasional, malemnya gw gak bisa tidur. Bukannya takut karena nggak bisa ngerjain soal tapi deg-degan banget dengan suasana Ujian Nasional yang agak mencekam (yang gw rasain sih begitu) karena diawasi oleh pengawas luar yang sok galak dan kakku banget.

Gw nggak terlalu suka dengan suasana ujian yang mencekam padahal sebenarnya suasana bisa dibuat santai dan nggak kakku biar ngerjain soal lebih enjoy. Tadi sempet baca artikel ini (stress menjelang dan saat UN). Gw jadi mau Share tentang UN gw yang baru 5 tahun lalu, dimana saat itu standart kelulusan min 4,25. Dan udah ada sistem pengulangan bagi yang nggak lulus. Waktu itu sih gw sebagai siswa agak sedikit tegang dengan standarisasi itu. Tegang karena nggak percaya diri dengan kemampuan?? mungkin, Tegang dengan situasi disekolah yang seolah jadi mengerikan saat mau UN?? kayaknya, Coz guru-guru jadi sok kakku dan agak menegangkan. Sedikit megerikan karena pengamanan khusus (sampe ada polisi ... giling mau ujian apa razia di diskotik yah?).

Mungkin tanpa disadari hal itu yang membuat siswa keburu tegang sebelum perang. Malah untuk masalah soal UN sendiri sih, Gw yang ngalamin saat itu, biasa aja kok. Soal ujiannya masih bisa diatasi & gak begitu rumit. Untuk standarisasi nilai meski kita agak lebay ngeresponnya (namanya juga anak SMU kan masih labil ... hihihi) tapi ternyata bisa kok di atas rata-rata standarisasi kelulusan itu. Kebetulan waktu itu dengan standarisasi kelulusan 4,25 , rata-rata gw 8 lebih. Dengan 3 mata pelajaran total nilai gw 25,80. Dan teman-teman gw juga banyak kok yang diatas rata-rata. Bahkan ada yang lulus perfect... itu menandakan masih banyak siswa yang otaknya diatas rata-rata dan bisa untuk bersaing toh ...??

Kemaren sempet lihat berita ada siswa di jawa tengah yang melakukan ritual sholat dan minum air putih yang telah dibacakan ayat-ayat suci oleh guru agamanya. Hihihihihi .... Tanggepan gw sih yah nggak masalah namanya juga ABABIL a.k.a ABG Labil, Mungkin ritual itu bermaksud untuk menenangkan diri mereka agar mereka bisa lebih konsentrasi menghadapi soal ujian. Namanya ABG emosinya kan naik turun, apalagi menghadapi situasi yang mencekam dan menetukan masa depan mereka. Gw yakin kerja jantungnya berdetak 7 kali lipat dari orang normal (huehuehhe...pengalaman gw banget tuh).

Dulu juga gw melakukan hal yang sama, sholat tahajud dan duha & puasa senin-kamis (Uppss). Itu bukan bermaksud biar gw tanpa belajar bisa lulus dengan mudah juga, tapi itu untuk pelengkap aja. Belajar mah tetep dan untuk menenangkan dirinya dengan berdoa. Jadi melakukan ritual tersebut bukannya karena minta wangsit tapi lebih ke penenangan batin (hahay).

So untuk keponakan gw Agit dan teman-teman yang lagi ngikutin UN...bawa santai aja, karena dengan santai otak bisa bekerja lebih konsentrasi. Jangan kebawa situasi sekolah yang menegangkan ... Soal UN mah gampang ... pasti bisa kok kalo dikerjain dengan hati yang lapang dan tenang... hehehe...Good Luck Sweety ^_~

Komentar

New Kid On The Blog mengatakan…
Mendengar kata UN, gw merasa menjadi seorang anak TK, yang hanya bisa menatap layar televisi sembari bengong menyaksikan berita berita seputar UN

Kebocoran soal

Lembar jawaban rusak

Soal berlainan di setiap propvinsi

ckckckckck....

Pertama, gw memang termasuk generasi jadul, yang tidak merasakan UN. Jadi, gw susah membayangkan diri gw menjadi peserta UN notabene selalu tegang sutegang menghadapi soal-soal ujian.

Kedua, gw turut prihatin sama anak2 Indonesia, yang udah merasakan UMPTN kecil2an sejak jaman sekolah. Yah, gw pikir UN itu udah kayak UMPTN.

Secara ga langsung, UN dan UMPTN itu mengajari kita untuk mengenal nasib-nasiban dan kemampuan otak.

Jadi generasi yang tidak PD
Tegang
Stress
Esmosi jiwa....
(yang terakhir lebay, hehe)
Dini Virginia mengatakan…
UN itu nggak se "Rumit" yang ada dibayangan para guru, siswa, cuma mereka pada LEBAY aja menyikapinya. Jadi kadang kebawa emosi Tegangnya ...

padahal yah Ujian Nasional itu gak ada apa-apanya dibandingin Ujian dari yang Maha Kuasa .. (LOH) ;D

Postingan populer dari blog ini

Cut Tary oh Cut Tary...

Jangan Bosen Yupz...HeHe!!

Jadi yang kedua itu gak enak!!