Mulailah Menghargai Waktu

Baru aja Blogwalking dan menemukan artikel curhatan orang Indonesia yang tinggal di Jenewa, curhatanya membuka mata dan mengingatkan gw dengan hal yang pernah gw rasain. Judul artikelnya "Jangan Remehkan Opportunity Cost" sebelum membaca artikelnya, gw saranin untuk sediain kalkulator dulu deh biar bisa sambil menghitung berapa kerugian kalian.

Dulu banget sebelum gw kerja menggunakan motor, gw masih ngangkot terus ngojek, terus ngebusway, perjalanan rumah kekantor kalo pagi itu membutuhkan waktu paling cepat 90 menit, dan kalo pulang bisa berlipat duakali dari waktu berangkat (anjiiisss ... gw kalo inget berasa hidup disini tuh dibegoin banget sama yang namanya Angkutan Umum).

Sudah kehitungkan butuh waktu berapa lama untuk berjuang sampai dikantor dan balik kerumah ? total waktu bolak-balik kantor rumah itu 270 menit, kalo gw list perjalanannya tuh begini

05.45
Dari Rumah berangkat (ngojek)
06.00
Sampe dihalte busway Cengkareng
06.30
Sampe dihalte Harmoni 
07.00
Sampe dihalte Dukuh atas
07.45
Sampe dihalte Layur
08.00
Sampe kantor
08.15 - 17.00 
Kerja 
17.30
Keluar kantor
18.30
Sampe halte dukuh atas
19.30
Sampe halte harmoni
20.30
Sampe halte Cengkareng
21.30
Sampe rumah

Nah itu dia rute normal dan waktu normal ketika gw naik angkutan umum, kadang gw mikir hidup gw tua dijalan, maklumlah jarak rumah ke kantor itu jauhnya amit-amit jabang bayi kalo kata nyokap, tapi gw bertahan karna gw mencoba menikmati kejamnya Jakarta.

"Ketika kamu tidak mampu melawan keadaan cobalah menikmati keadaan dengan menari"

Itu yang coba gw tanamkan dalam otak dan hati gw, meski kadang capek, letih, dan emosi setiap hari tapi gw berusaha melawan dengan menikmati dan pura-pura nggak ngerasa tersiksa sama keadaan tersebut (padahal setiap malem sebelum tidur gw selalu ngerasa hidup jahat banget sama gw, membiarkan betis gw yang udah gede ini semakin gede dan cenat-cenut tiap harinya karna harus ngantri dan berdiri di busway).

Gw sempet mikir, kalo waktu yang 270 menit ini gw pake buat sekolah lagi atau belajar atau bekerja sampingan, seenggaknya gw mengisi hidup gw dengan hal-hal yang worth it. Tapi gw buang-buang percuma buat ngelihatin penjaga pintu busway dan sopir angkot #anjiss betapa meruginya gw menjadi manusia bukan ? tapi setelah beberapa saat tersadar gw mencoba untuk nggak boleh kalah sama keadaan, setiap abis gajian gw selalu menyisihkan uang buat beli buku (novel terutama) buat teman setia gw selama perjalanan. Sampai akhirnya waktu 270 menit gw itu lebih sedikit berarti untuk hidup karna gw menikmati kesadisan jalanan ibukota dengan menari (mengalihkan kesel, mumet, bete dengan cerita-cerita picisan romantis) jadilah makin gak normal hidup gw (hahahahahahaa ... saking kebanyakan baca buku romantis gw jadi kelebihan hormon gombal dan teman-teman gw yang menjadi sasaran gombalan gw).

Anyway, sekarang gw udah sedikit lebih bersyukur dengan adanya kendaraan yang merampingkan waktu sampah gw, dulu butuh 270 menit dijalan sekarang jadi 180 menit saja, tapi ternyata keadaan ini kadang yang bikin gw jadi membuang-buang waktu gw, inilah yang lagi gw sadarin setelah membaca artikel tadi.

Dulu waktu gw masih ngangkot gw bisa baca minimal 2 judul buku setiap minggunya dan 8 judul buku setiap bulannya, sekarang setelah gw naik kendaraan pribadi 1 buku aja itu baru habis selama 2 bulan kalo nggak dipaksain buat abis (amsyoooong gak tuh, makin gak seimbang hidup gw).

Tapi ada hal-hal lain yang bisa bikin hidup gw semakin berwarna meski gw kehilangan kesempatan baca buku-buku tersebut. Itulah hidup, ketika satu masalah bisa loe atasi dan ketika mulai menikmati hidup ternyata ada hal-hal kecil yang membuat hati ini rindu, tapi kalo disuruh balik ke masa lalu, sumpaah sudah cukuuup Tuhaaan, gw nggak mau lagi mencicipi angkot, busway atau ojek di Jancukarta ini.
   
Gw sadar harus mulai ngerapihin management waktu agar nggak sia-sia hidup gw, gw mau belajar menyeimbangkan waktu kerja, main, istirahat, dan beribadah, meski susah tapi harus dan wajib mulai direncanain ... Time flies so fast ... !!!!

Banyak hal-hal kecil yang harus diperhatikan, karna ternyata keuntungan itu tidak hanya diukur dari berapa jumlah duit yang bisa dihasilkan oleh suatu kegiatan. Gw masih kurang menyadari pentingnya untuk selalu menghitung opportunity cost dalam semua tindakan yang gw lakukan.

Sekarang saatnya menghargai waktu ...


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cut Tary oh Cut Tary...

Jangan Bosen Yupz...HeHe!!

Jadi yang kedua itu gak enak!!